Home > Hot News > DroidKungFu, Malware yang Bisa Mengontrol Ponsel Anda

DroidKungFu, Malware yang Bisa Mengontrol Ponsel Anda

Thursday, July 7th, 2011 Leave a comment Go to comments

DroidKungFu

Para pengguna sistem Android tampaknya perlu berhati-hati kembali. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di North Carolina State University (NCUS) telah mengidentifikasi malware baru pada sistem operasi Android.

Malware yang disebut DroidKungFu ini diidentifikasi telah menginfeksi setidaknya dua aplikasi untuk Android yang didistribusikan pada forum-forum dan toko-toko aplikasi yang berbasis di China. Para peneliti belum menemukan aplikasi yang terinfeksi malware DroidKungFu ini pada toko aplikasi di luar China, namun tentu saja ada kemungkinan malware ini untuk menyebar lebih luas lagi.

Malware DroidKungFu menggunakan teknik khusus untuk menghindari deteksi dari aplikasi antimalware atau antivirus. Para peneliti NCSU, Jiang Xu Xian dan Zhou Ya Jin telah mencoba dua aplikasi mobile security untuk mendeteksi DroidKungFu ini. Dan hasilnya, tidak ada satu pun aplikasi yang dapat mendeteksinya.

DroidKungFu menyerang sistem operasi Android versi 2.2 (Froyo) dan di bawahnya. Malware ini memanfaatkan celah keamanan sistem operasi dengan melakukan instalasi backdoor yang dapat membuat hacker mengambil kendali penuh terhadap ponsel Anda. Selain dapat mengambil seluruh data yang ada pada ponsel, dengan malware ini para hacker juga bisa menjadikan ponsel Anda menjadi bot dan melakukan serangan botnet.

Meskipun celah ini telah diperbaiki pada versi 2.3 (Gingerbread), DroidKungFu ini masih dapat mengambil beberapa data seperti IMEI dan lain-lainnya. Para peneliti tersebut telah mendiskusikan hal ini pada beberapa produsen antivirus terkemuka. Namun untuk sementara, para pengguna dianjurkan untuk berhati-hati dalam melakukan instalasi aplikasi, download aplikasi hanya dari tempat-tempat terpercaya, dan gunakan aplikasi keamanan yang ter-update.

Sumber: Info Komputer

Advertisements
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave your comment here

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: