Home > Tips and Tricks > Tips Memilih Handphone Kamera

Tips Memilih Handphone Kamera

Saturday, July 9th, 2011 Leave a comment Go to comments

 

camera-phone

Dalam memilih handphone berkamera, kebanyakan orang akan mengasumsikan bahwa kamera yang bagus dan menghasilkan foto berkualitas adalah kamera handphone dengan jumlah megapixel besar (5 – 10 megapixel). Fakta sebenarnya adalah besar angka megapixel pada kamera ponsel memiliki pengaruh kurang penting pada kualitas foto yang dihasilkan. Angka megapixel hanyalah satu dari sekian banyak faktor yang membuat hasil foto berkualitas.

Berikut fitur-fitur yang harus ada di handphone kamera:

Resolusi

Diukur dalam megapixel  dan memiliki arti jumlah pixel yang terdapat dalam bidang 1 inchi. Biasanya semakin besar angka megapixel maka foto dapat dicetak lebih besar dan jelas. Namun hal ini akan berimbas pada besarnya ukuran file foto dan akan cepat memenuhi kartu memori.

Autofokus

Fitur autofokus berfungsi untuk memfokuskan objek tertentu yang ada pada hasil foto. Bila anda memilih kamera tanpa fitur autofokus (fixed focus) kemungkinan besar foto yang dihasilkan akan blur (buram). Ada kalanya foto akan terlihat memiliki fokus yang tepat saat dilihat dari layar handphone, tapi ketika anda melihatnya dikomputer atau setelah foto diprint anda akan menyadari bahwa sebenarnya hasil foto tersebut blur.
Banyak dari kita menyepelekan fitur autofokus ini, namun bila menginginkan hasil foto yang baik autofokus merupakan fitur wajib.

Frames Per Second (FPS)

Ponsel kamera menyediakan juga fitur perekam video, dan kamera dengan megapixel besar biasanya akan menghasilkan video dengan kualitas biasa karena merekam dengan fps yang rendah. Video merupakan kumpulan gambar yang diambil secara berurutan, semakin banyak gambar yang dapat diambil dalam 1 detik maka semakin mulus video yang dihasilkan.
24 FPS adalah nilai minimal yang harus anda pilih, sementara dengan nilai 30 FPS akan menghasilkan video yang berkualitas. Dan sebagai fitur tambahan, periksa juga apakah handphone kamera tersebut dapat merekam dalam format HD (minimal 720 p).

Flash

Untuk pengambilan foto didalam ruangan lampu flash merupakan fitur yang sangat penting. Ada 3 macam tipe lampu flash, yang terbaik dan juga paling mahal adalah Xenon Flash, yang dapat menghasilkan cahaya +/- 1000 kali lebih terang dari tipe LED. Namun Xenon flash memerlukan daya baterai yang lebih besar, yang akan membuat baterai handphone lebih cepat habis.

Pilihan kedua adalah Dual LED Flash. Lampu flash tipe ini menggunakan daya baterai yang lebih hemat tapi cahaya yang dihasilkan kurang terang. Ada juga Single LED Flash, namun cahaya yang dihasilkan sangat redup dan hampir tidak berguna.

Lensa dan Sensor Kamera

Lensa kamera merupakan faktor kunci dari handphone kamera, lensa yang baik menghasilkan foto yang berkualitas. Bila memungkinkan cari handphone yang menggunakan merek lensa terkenal, contohnya Carl Zeiss.

nokia-n86-8mp-cell-phone

Untuk sensor kamera, ada dua tipe yaitu CCD (charge coupled device) dan CMOS (complementary metal oxide semiconductor). Disarankan memilih handphone kamera yang menggunakan sensor CCD, karena hasil foto akan lebih baik dan tajam. Dan biasanya semakin besar ukuran sensor semakin bagus juga hasil fotonya. Sensor yang besar biasanya direfleksikan dari ukuran lensa kamera handphone (semakin besar semakin baik).

White Balance, Exposure, dan Scene Mode

White balance membantu pengaturan exposure (bukaan lensa) berdasarkan kondisi cahaya sekitar. Tanpa adanya white balance dan exposure, Anda akan mendapatkan hasil foto yang aneh dimana bila anda menfoto langit biru disiang hari, hasilnya akan menjadi berwarna putih.

Scene mode membantu pengaturan exposure kamera sesuai dengan kondisi pencahayaan saat malam, siang hari, berawan, indoor (incandescent dan fluorescent). Settingan ini memudahkan kita mengambil foto yang bagus tanpa perlu mengatur secara manual White balance.

Fitur tambahan lain yang diperlu dipertimbangkan

Face detection, teknologi untuk mengenali wajah dan melakukan fokus di wajah, sehingga foto tidak akan fokus ditengah-tengah gambar. Carilah handphone kamera yang memungkinkan upload foto dan video langsung dari handphone ke situs semacam Faceboo, Youtube atau Picasa. Image stabilisation, fitur yang berguna bagi mereka yang memiliki tangan yang gemetar saat mengambil foto sehingga hasil foto tidak berbayang. Yang terakhir, user interface yang mudah, tombol kamera dan penutup lensa kamera.

Dari berbagai sumber

Advertisements
  1. karis
    Saturday, July 9th, 2011 at 7:40 PM
    • Sunday, July 10th, 2011 at 3:17 AM

      Makasi bro, salam kenal juga yak. Ane dah mampir ke ‘rumah’ ente. Keren juga. He..

  1. Monday, July 18th, 2011 at 4:07 AM

Leave your comment here

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: