Home > Lounge > g.co Domain Google Untuk Layanab URL Shortener

g.co Domain Google Untuk Layanab URL Shortener

Wednesday, July 20th, 2011 Leave a comment Go to comments

.co domain

Google resmi membeli domain g.co yang akan digunakan untuk layanan URL Shortener resmi untuk semua produk buatan Google. Link tujuan g.co akan selalu mengarah ke layanan Google (Gmail, Picasa, Apps dan lainnya), dengan begitu diharapkan user tidak perlu takut mengklik link. (format yang digunakan adalah g.co/nama produk/service). Keputusan ini diambil untuk mengikuti langkah yang sudah ditempuh sebelumnya oleh Twitter (t.co), Overstock (o.co), Amazon (a.co, z.co dan k.co).

Google saat ini sudah memiliki URL shortcut dengan nama goo.gl yang dipastikan tetap aktif meskipun sudah membeli g.co. Perbedaan utama g.co dengan goo.gl adalah goo.gl dapat digunakan oleh publik sementara g.co hanya bisa digunakan oleh Google.

.co merupakan top-level domain yang semula ditujukan khusus untuk pemerintah Republic of Colombia, namun penggunaannya berkembang menjadi nama domain dengan khas perusahaan terutama yang bergerak di bidang teknologi. Saat ini domain .co dikelola oleh perusahaan Run out of Colombia yang disupport oleh pemerintah negara Colombia.

Tidak ada informasi resmi mengenai harga yang harus dibayar Google untuk membeli domain g.co, tapi diperkirakan harganya lebih dari US$ 1,5 juta (12.8 Milyar rupiah).

Sumber: Info Teknologi

Advertisements
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave your comment here

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: