Home > Lounge > Jenis Film Dilihat Dari Kualitas Gambar

Jenis Film Dilihat Dari Kualitas Gambar

Saturday, July 23rd, 2011 Leave a comment Go to comments

Blu-ray

1. Blu-ray (HD)

Jenis film dengan kualitas terbaik saat ini, dengan resolusi 1920×1080 atau 1280×720 (tergantung filenya). Dengan resolusi sebesar itu, file film akan menjadi besar dan berat saat diputar sehingga diperlukan spesifikasi komputer yang tinggi untuk memutarnya. Spesifikasi yang rendah akan mengakibatkan gambar patah-patah.

Kualitas gambar Blu-ray sudah bisa memenuhi monitor/TV full HD dengan tingkat kerapatan dan kejernihan maksimal. Dengan audio yang sudah multi channel (5.1,6.1,7.1), sebaiknya nikmatilah film jenis ini dengan monitor dan audio system yang memadai agar lebih terasa wah saat menontonnya.

2. m-HD

Film m-HD (mini HD) mempunyai resolusi 1280 x 5xx (570, 576), yang menjadikan ukuran file lebih kecil dibandingkan HD. Pengurangan ukuran file ini mengakibatkan penurunan signifikan pada kualitas audio menjadi dual channel.  Hal yang tidak akan terasa jika kita hanya memiliki audio system 2.1. Namun gambar akan lebih redup dibandingkan HD saat dinikmati menggunakan monitor 32″ ke atas.

3. BRRip

BRRip merupakan ripper atau salinan dari Blu-ray dengan menghilangkan fitur-fitur khusus seperti subtitle multilanguage, audio comentator, preview, bonus scene, serta mengubah audio menjadi hanya dual channel yang menjadikan file film berkurang cukup banyak. Pengubahan ke format MKV diketahui juga menjadi pilihan, karena format MKV lebih irit tempat. MKV (Matroska Media), merupakan salah satu format audio video, yang menggabungkan file audio, video dan subtitle menjadi satu dengan subtitle yang bisa dihilangkan, ditambah atau dikurangi.

4. DVDRip

Film jenis ini adalah salinan dari DVD original (BD). Kualitas gambar dan suaranya sudah bagus. DVDRip akan ada jika DVD originalnya telah ada di pasaran. Bisa mendukung resolusi gambar 720×480 atau 720×576 serta audio multi channel. Kebanyakan format DVDRip adalah AVI.

5. TC (Telecine)

TC adalah metode pengkopian film digital langsung dari pita (pita seluloid film untuk bioskop). Kualitas suara dan gambarnya sangat baik. Namun peralatan yang dibutuhkan untuk merekam Telecine ini sangat jarang ditemui dan sudah menjadi barang langka. Kualitas gambar TC mendekati DVDRip.

6. DVDScr

Film jenis DVDScr merupakan duplikat dari promo DVD yang akan digunakan sebagai promosi. DVDScr akan ada sebelum DVD original keluar di pasaran. Kualitas gambar dan suaranya hampir setara dengan DVDRip, hanya saja pada gambar video sering terdapat beberapa tulisan penjelasan yang terpampang di layar tentang DVD tersebut yang biasanya sedikit menggangu.

7. R5

Kualitas gambar R5 hampir sama dengan DVDRip, tetapi kualitas suara biasanya mono. Meskipun ada beberapa yang kualitas suaranya sudah bagus, namun tetap saja masih ada sedikit noise sehingga mengurangi kenyamanan dalam menonton film. Sering  menggunakan format MKV untuk menghemat file size.

8. CAM

Film jenis ini merupakan hasil dari rekaman camera digital langsung di bioskop, sehingga terkadang penonton yang lalu lalang ikut terekam atau gambar terlihat tidak utuh atau miring. Kualitas CAM tidak memuaskan, tapi memang sengaja dibuat seperti itu agar kesan realnya lebih terasa. Mungkin hanya tipe penonton tidak sabaran atau tidak peduli dengan kualitas yang akan menonton film CAM.

9. TS (Telesync)

Kualitas TS hampir sama dengan CAM, namun dengan kualitas gambar dan suara yang sedikit lebih baik karena CAM yang telah dilabel ulang dengan menghilangkan efek gema ataupun bayangan orang di bioskop.

10. Workprint

Workprint adalah film yang visual efeknya belum di edit secara keseluruhan. Bisanya terdapat adegan yang hilang, suara yang tidak beraturan. Kualitas film ini bervariasi dari yang paling baik hingga yang paling buruk. Jarang dijumpai di internet.

11. VCD

VCD biasanya digunakan untuk transfer kualitas rendah (CAM, TS, TC, Screener/VHS), TVrip/rekaman siaran tv analog) untuk membuat ukuran file yang lebih kecil. Ini adalah teknologi sebelum era digital video (DVD).

12. PPV

PPV merupakan tipe film dari rekaman PPV (Pay Per View) seperti TV Kabel, dengan kualitas seperti VCDRip.

Dari berbagai sumber

Advertisements
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave your comment here

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: