Home > Lounge > Fenomena Air yang Unik

Fenomena Air yang Unik

Thursday, July 28th, 2011 Leave a comment Go to comments

Water 1

1. Air Bisa Meledak

Fenomena ini disebabkan oleh proses superheating. Proses ini membuat air di atas titik didihnya tanpa secara fisik terlihat mendidih. Saat air mendidih akan keluar gelembung-gelembung yang disebabkan oleh adanya zat atau mineral di dalam air. Zat ini adalah mineral-mineral yang terdapat pada air dan juga dari permukaan wadah yang cacat.

Jika kita menggunakan air distilasi yang tidak mengandung mineral dan menyimpannya di wadah yang mulus dan kemudian memasukkannya ke dalam microwave, maka air tersebut akan dapat dipanaskan hingga di atas titik didihnya dan masih dalam keadaan tenang. Masukkan sebuah benda ke dalamnya dan lihatlah ledakannya.

2. Air Bisa Menyeberang Seperti Jembatan

Water 2


Saat dua wadah berisi air diletakkan berdampingan kemudian dialiri listrik bermuatan (+) pada satu wadah dan listrik bermuatan (-) pada wadah yang lain, maka air dari wadah yang bermuatan listrik posiif akan menyeberang ke wadah air bermuatan (-).

3. Air dan Wiski Anti-Gravitasi

Water 3

Trik ini biasanya diberikan di sekolah atau kursus bartender dengan menggunakan wiski. Penuhi gelas dengan wiski dan yang satu lagi dengan air biasa. Letakkan kartu di atas air biasa lalu balikkan dan letakkan di atas gelas wiski. Tarik sedikit kartunya, dan ajaibnya air dan wiski bukannya bercampur, tapi justru bertukar tempat. Memang agak dibutuhkan kesabaran untuk mencobanya karena proses ini akan berlangsung setidaknya selama 10 menit.

Water 4

Hal ini terjadi karena wiski yang mengandung alkohol 40%, kepadatannya (density) lebih rendah dari air biasa. Saat kartu digeser dan membuat celah kecil, air merembes meski tidak terlihat. Wiski yang lebih ringan “dipaksa” pindah ke gelas di atasnya.

4. Membuat Salju Instan dari Air yang Mendidih

Water 5

Ini hanya bisa dilakukan di negeri-negeri dengan empat musim. Saat musim dingin (yang sangat dingin) cobalah mendidihkan air dan siramkan ke udara. Jika temperatur 30 derajat Fahrenheit atau di bawah 0, uap air akan segera membeku secara instan. Itulah mengapa air harus dididihkan karena uap air memiliki rasio surface-to-mass yang jauh lebih besar. Seluruh partikel-partikel kecil air yang dipanaskan akan dengan sangat cepat dingin ketika bertemu dengan udara yang super-dingin, sehinggan akan membentuk kristal-kristal es secara instan.

5. Es Instan

Water 6

Trik ini prinsipnya sama dengan Membuat Salju Instan dari Air yang Mendidih, namun tidak harus dilakukan dalam kondisi luar yang super-dingin. Mungkin Anda pernah memasukkan minuman ke dalam freezer dengan maksud untuk mendinginkannya dengan cepat, tapi Anda lupa hingga kira-kira 3 jam. Ketika diambil kembali kelihatannya biasa saja, tetapi ketika dibuka tutupnya, gumpalan seperti lumpur salju akan segera terbentuk.

Cara kerjanya sama dengan air dalam proses superheating, dimana air didinginkan dan dibuat tetap dalam keadaan cair di atas titik beku normalnya. Kemudian dengan mengetuk atau menggoyangkan wadahnya, air di dalamnya akan membeku dalam hitungan detik.

Hal ini akan lebih baik lagi bila menggunakan bir. Masukkan bir ke dalam freezer kira-kira 3 jam, lalu ambil dan buka tutupnya. Saat gelembung-gelembung udara mulai terbentuk, air dalam bir ini akan segera mengkristal. Anda bahkan bisa mematahkan botolnya untuk menikmatinya dengan cara yang lain.

Sumber: mencoba-sukes.blogspot.com

Advertisements
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave your comment here

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: