Home > Hot News > Jamur Raksasa Ditemukan di China

Jamur Raksasa Ditemukan di China

Tuesday, August 2nd, 2011 Leave a comment Go to comments

Jamur raksasa

MarsoumFlash – Sebuah jamur raksasa ditemukan oleh ilmuwan tumbuh di bawah sebuah pohon besar di China. Jamur ini berdasarkan catatan penelitian merupakan jamur terbesar yang pernah ditemukan. Jamur tersebut sama seperti jamur lainnya, namun ukurannya sangatlah masif. Panjangnya bisa mencapai 10 meter, lebar 80 cm dan berat setengah ton.

Penemuan ini mematahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh jamur yang tumbuh di Kew Garden, Inggris. Jamur raksasa yang baru ditemukan tersebut berusia sekira 20 tahun. Sampel pertama dari jamur jenis baru ini pertama kali dicatat oleh para ilmuwan pada tahun 2008 di provinsi Fujian, China. Ilmuwan yang menemukan sampel pertama kalinya adalah Profesor Yu-Cheng Dai dari Herbarium of Biology di Chinese Academy of Sciences, dan asistennya yang bernama Dr. Cui.

Kedua ilmuwan tersebut sedang dalam penelitian lapangan mengenai jamur di tanaman mati, ketika menemukan jamur raksasa tersebut. Mereka tidak secara khusus mencari jamur jenis ini. Sebelumnya tidak diketahui kalau jamur bisa tumbuh sampai sebesar itu. Bahkanketika  menemukannya, mereka tidak sadar karena ukurannya yang besar.

Jamur tersebut memiliki nama latin F. Ellipsoidea. Disebut bahwa jamur tersebut memiliki masa hidup yang panjang, ini melihat dari ukurannya yang besar. Jamur raksasa tersebut tumbuh di sisi pohon besar yang tumbang dan pohon yang sudah mati. F. Ellipsoidea dapat tumbuh sepanjang 10,85 meter, dengan lebar 82-88 cm, berat 400 sampai 500 kg dan ketebalan 4,6 sampai 5,5 cm. Jamur raksasa tersebut diestimasi juga mampu menampung sekira 450 juta spora.

Sumber: Okezone

Advertisements
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave your comment here

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: